.

Informasi Penyakit Jantung Koroner

Informasi Penyakit Jantung Koroner dan Penyebabnya. Pertama tentu kita harus tahu lebih dulu apakah arteri koroner itu? arteri koroner adalah pembuluh darah di dalam Jantung yang bertugas untuk memberi makan bagi sel-sel di jantung.


Nah bila bila pembuluh darah ini terganggu dengan sumbatan atau penyempitan maka terjadilah yang disebut penyakit jantung koroner. Kenapa terjadi sumbatan ? KArena adanya lemak yang mengendap perlahan-lahan di sekeliling dinding pembuluh ini yang semakin lama semakin banyak dan membuat sumbatan. Proses penumpukan ini disebut aterosklerosis.

Penyakit Jantung Koroner


Yang akan dirasakan oleh orang dengan sumbatan di pembuluh arteri koroner adalah sakit dada yang disebut angina. sakit ini terutama dirasakan ketika beraktifitas fisik seperti olah raga atau ketika sedang stress karena saat itu jantung akan bekerja lebih keras sementara aliran darahnya tersumbat/menyempit. Tetapi bila sumbatan ini benar-benar menutup aliran darah karena banyaknya timbunan plak lemak maka terjadilah serangan jantung yang bisa terjadi bahkan ketika tubuh sedang beristirahat.

Efek lain dari penyakit jantung koroner adalah melemahnya daya pompa jantung. Hal ini mengakibatkan darah tidak maksimal beredah ke seluruh tubuh atau disebut gagal jantung. Orang yang mengalami gagal jantung akan merasa sesak nafas karena aliran darah ke paru-aru tidak maksimal sehingga pasokan oksigen berkurang dan akibat lainny adalah cepat merasa lelah dan bengkak di bagian kaki.

Apa penyebab jantung koroner?

1. kolesterol yang tinggi.
kolesterol adalah senyawa lemak, Kolesterol ini akan ikut mengalir dalam darah melalui suatu molekul yang disebut lipopretein. terdapat 2 macam lipoprotein yaitu LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density)

LDL adalah jenis yang berbahaya karena membawa kolesterol dari hati ke seluruh tubuh. sedangkan HDL membawa kolesterol yang berlebih (tidak digunakan tubuh) dari tubuh ke hati kemudian dibuang keluar.

LDL maksimal berada pada kadar 100-129 mg/dL sementara total LDL+HDL maks adalah 200-240 mg/dL. kelebihan LDL akan membuat HDL tidak mampu utuk membuang kolesterol jahat.

2. Trombosis
Tombosis membuat pembuluh darah menyempit karena trombosis ini adalah gumpalan darah yang tidak ikut mengalir malah ikut menyumbat pada aterosklerosis. MErokok dapat meningkatkan resiko trombosis

3. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
hipertensi ini akan membebani kinerja jantung yang akibat jangka panjangnya adalah penebalan dinding jantung atau menjadi lebih kaku dan hal ini juga berakibat pada resiko penyakit jantung koroner

4. Diabetes / penyakit kencing manis
bila kadar gula dalam darah tinggi maka aliran darah juga tidak akan mengalir lancar, data menyebutkan hampir 2/3 penderita diabetes meninggal akibat penyakit jantung.

5 Keturunan.
anak yang Orang tua nya yang mengidap penyakit jantung koroner akan mempunyai resiko terkena penyakit ini lebih besar daripada anak yang orangtuanya tidak mempunyai riwayat penyakit jantung.

6. Usia
semakin berambahnya usia maka fungsi oragan-oragan tubuh termasuk sistem cardiovaskular juga akan menurun.

Semoga informasi penyakit jantung koroner ini bermanfaat


Terima kasih untuk Like/Share FB :