.

Bagaimana Mengobati Radang Sendi

Bagaimana cara mengobati radang sendi atau osteoartritis? apakah ada tips alami nya dengan munggunakan herbal? serta apa saja pengobatannya bila dilakukan secara medis

Ada 4 jenis atau stadium dari radang sendi

Stadium 1

Pada tahap ini sendi (terutama lutut) akan terasa sakit bila terlalu lama terlipat. dan bila sudah diluruskan lagi setelah beberapa lama akan tidak sakit lagi. Kerusakan pada sendi tidak terlalu parah, biasanya pada tahap ini dokter akan merekomendasikan konsumsi suplemen yang mengandung glukosamin , chondotin untuk bagian tulangnya dan MSM uuntuk meredakan sakitnya

Ada banyak produk dijual di apotek dan banyak juga iklan-iklan suplemen ini di TV. Dalam beberapa artikel dimuat juga bahwa pemberian glukosamin tidak berpengaruh cukup banyak. tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa pemberian glukosmin memberi pengaruh yang baik.

Sebetulnya alam juga menyediakan glukosamin dan chondortin alami yaitu pada Gamat. Gamat ini adalah hewan laut dan beberapa pabrikan sudah mengemasnya dalam bentuk kapsul herbal alami.

Bila penyebab radang sendinya karena asam urat, maka asam uratnya harus diobati juga. Biasanya dengan obat jenis diuretic. Alam juga menyediakan beberapa tumbuhan yang berfungsi sebagai diuretik yang akan membantu tubuh untuk mengurai purin supaya tidak menjadi kristal asam urat. beberapa pabrik telah mengemasnya menjadi bentuk kapsul seperti samurafit herbasam dan lain-lain.


Stadium 2.
Pada stadium ini untuk mengobati radang sendi diperlukan suntikan cairan sendi untuk membantu tubuh mengurangi radang akibat gesekan tulang rawan. Suntikan radang sendi ini cukup mahal sekitar 2,5 juta Rupiah. ada juga yang Rp 600 ribuan tetapi harus 3 kali suntikan.

Sedangkan suntikan yang Rp 150 ribuan adalah suntikan steroid penghilang sakit (bukan cairan sendi). untuk suntikan anti sakit ini maksimal diberikan tiap 4 bulan sekali. dan pasien harus mengingatkan dokter bila dilakukan penyuntikan steroid anti sakit kurang dari 4 buan.

Setelah dilakukan suntikan sebainya pasien tidak melakukan pekerjaan berat yang menggunakan sendiny seperti menganngakt beban berat, naik tangga, lari , melompat, sering menekuk lutut dan sejenisnya.

Umumnya ciaran sendi ini bertahan 2 tahun tetapi bila dirawat dengan baik maka tidak diperlukan suntikan lagi.

Stadium 3
Pada tahap ini diperlukan operasi membersihakn dan memperbaiki jaringan sendi. Setelah operasi pasien tetap harus menjaga sendinya dengan baik karena bila diberi beban terlalu berat maka sendi akan radang lagi dan bisa mengakibatkan perlunya dilakukan operasi lagi.

Stadium 4.
ini adalh tahap terberat sehingga diperlukan operasi untuk mengganti sendi. tetapi tidak berarti akan sembuh selamanya karena sendi buatan ini juga ada masanya sekitar 4-5 tahun bila tidak dijaga dengan baik.

Mengingat sulitnya mengobati radang sendi atau osteoartrhitis maka sebaiknya kita sejak masih muda menjaga karunia Tuhan ini dengan sbeaik-baiknya.


Terima kasih untuk Like/Share FB :