.

Berbagai Tipe Sakit Cacar

Paling tidak ada 4 type sakit cacar yang menyerang manusia, apa saja penyebabnya dan bagaimana perbedaan nya? mari kita simak penjelsannya di bawah ini.

sakit cacar


Dalam dunia kedokteran atau secara formal medis penyakit ini bernama variola atau small pox dalam Bahasa Inggrisnya. Penyakit ini menular karena disebarkan oleh virus pox.

Orang yang terkena virus ini akan mengalami gejala demam dan ada gelembung nanah di kulitnya dan terasa gatal, perih serta panas. Setelah sembuh biasanya dalam beberapa waktu akan meninggalkan bekas luka berupa noda-noda hitam di kulit.

Sebetulnya penyakit ini bisa dicegah dengan memberikan vaksin cacar walaupun tidak 100% menjamin tetapi bagi anak yang sudah di beri vaksin cacar kalaupun terpapar oleh virus ini gelembung di kulitnya tidak akan terlalu banyak dan akan lebih cepat sembuh.

Cacar Air.
Secara medis penyakit ini bernama varicella atau dalam Bahasa Inggris dinamakan chicken pox. Penyakit ini di sebarkan oleh virus yang bernama varicella zoster.

Pejala cacar air adalah demam dan disertai gatal dan perih pada kulit akibat gelembung yang berisi nanah. berbeda dengan penyakit cacar, maka pada cacar air gelembung dikulit timbul perlahan-lahan tidak serentak dan gelembungnya pun lebih kecil.

Vaksinasi ini cukup mahal sekitar Rp 300-500rb, mungkina karena mahalnya ini maka tidak menjadi wajib bagi balita di Indonesia. Umumnya diberikan pada usia 5 tahun.

Cacar Ular
Ketika penyakit cacar air sudah sembuh, maka sebetulnya virusnya belum benar-benar mati hanya saja tidak berkembang atau tidur. Ketika daya tahan tubuh melemah dan ada pemicu lainnya maka penyakit ini bisa kambuh lagi

Cacar Monyet.
Tidak seperti 3 jenis penyakit cacar di atas, maka penyakit cacar monyet disebabkan oleh bakteri bukan oleh virus, karena itu pengobatannya cukup mudah yaitu dengna diberikan antibiotik.

Bakteri penyebabny adalah staphylococus aureus. GEjalanya sama dengan jenis cacar lainnya yaitu demam dan ditambah dengan gelembung nanah pada kulit. hanya saja gelembung tidak terlalu banyak.

Semoga informasi 4 jenis sakit cacar ini bermanfaat untuk menigkatkan kesehatan keluarga anda.





Terima kasih untuk Like/Share FB :