.

Makanan Ibu Hamil

Selama masa mengandung ibu memerlukan asupan tambahan kira-kira 50% dari biasanya, terutama zat putih telur, kapur, forsfor , zat besi dan vitamin-vitamin. berikut makanan ibu hamil selengkapnya

makanan ibu hamil

Terdapat suatu kepercayaan di kalangan rakyat kita bahwa ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak oleh karena ada dua jiwa. Anggapan ini tidak benar sebab akibatnya, setiap kali habis bersalin ibu bertambah gemuk , mengenai protein yang diperlukan adalah protein berkualitas baik, sedangkan jumlah protein yang dibutuhkan harus terdiri dari 1/3 protein hewan dan 2/3 protein tumbuhan. Sumber protein hewani yang terbaik adalah susu daiging, ikan , telur sedangkan yang dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung banyak protein ialah berbagai jenis kacang, tempe, tahu dan sebagainnya.

Bila "makanan ibu hamil" kekurangan zat peurih telur maka timbullah sembab di kaki , penyakit kurang darah dsb. Terhadap janin pengaruh kekurangan protein ini tidaklah begitu besar karena janin mengambil dari tubuh ibu, tetapi bila kurangnya jauh melampaui batas dapat menimbulkan keguguran.

makanan dimasa kehamilan

Zat kapur : perhari diperlukan setiap wanita biasa 50mg / kg berat badan. Selama hamil maka kebutuhan itu paling sedikit diperlukan 75mg/kg berat badan. Tablet kalk harus dimakan lebih banyak dari kebutuhan karena sebagian besar dari kapur itu dikeluarkan lagi melalului tinja. Juga makanan yang mengandung banyak zat kapur ialah susu keju dan daun kacang.

Zat besi : yang dibutuhkan setiap wanita ialah 5-10 mg perhari sedangkan ibu hamil membutuhkan kira-kira 15mg sehari , zat besi ini adalah mineral yang terpenting , zat diperlukan dalam pembentukan sel-sel darah merah sebab bila kekurangan zat besi timbullah penyakit kurang darah atau anemia. Selama bersalin seorang ibu kehilangan darah rata-rata 300cm 3 (ml) Sehingga mudah dimengerti bahwa zat besi ini perlu tetap ada dalam tubuh ibu hamil. dalam jumlah cukup besar agar setelah melahirkan ibu tetap sehat.

makanan ibu hamil

Hidrat arang :dalam memilih makanan yang mengandung zat protein sebenarnya kebutuhan hidrat yang sudah dipenuhi. Dengan demikian keindahan tubuh ibu setelah bersalin tetap terpelihara. Karenanya jangan terlalu banyak makan nasi. cukuplah bila ibu hamil makan lebih banyak telur daging susu dan sebagainnya. sehingga kebutuhan zat hidrat arang terpenuhi untuk suplay makanan ibu hamil

Vitamin-vitamin: pada umumnya semua vitamin lebih banyak diperlukan oleh ibu hamil. didunia pedagangan orang membuat tablet yang telah mengadung segala kebuthan vitamin. vitamin bagi ibu hamil misalnya saja: pehalmin, lycrocin, bekamin, engran, igoral, supradex dan lain-lain.

Menu makanan ibu hamil yang ideal ialah minum susu 2 gelas, sepotong daging yang berat mentahnya kira-kira 125 gram. sepotong hati 2 x seminggu, setiap hari telur 1-2 butir, harus makan buah-buah setiap hari. Dalam memilih sayur-sayuran sebaiknya dipakai sayuran yang berwarna, dan semakin tua warnanya makin banyak mengandung vitamin A. Takaran nasi yang dimakan seperti biasa sebelum hamil.

Ibu-ibu yang tidadk dapat membeli susu bisa menggantinya dengan sari kedele yang mempunyai nilai gizi yang hampir sams dengan susu sapi sebagai makanan dimasa kehamilan yang bergizi tinggi.

Semoga informasi makanan ibu hamil ini bermanfaat.


Terima kasih untuk Like/Share FB :