.

Gejala sakit Tipes atau Tifus Penyebab dan Pengobatan

Apa gejala sakit tipes atau sering juga disebut tifus dan apa penyebab serta bagaimana pengobatannya dengan cara alami dan secara medis.

gejala sakit tipes


Penyebab tipes adalah kuman atau bakteri salmonela typhi atau paratiphi A B C. bakteri ini akan menyebabkan infeksi pada usus halus. bagaimana bakteri masuk ke tubuh penderita ? sebab utama adalah melalui pencernaan yaitu dari tangan atau makanan, kemudian masuk ke area perut dan berkembang biar di usus. setelah itu bakteri akan menembus dinding usus ke limfa dan kemudian akan masuk ke saluran darah dalam waktu 2-3 hari setelah penularan. Inilah yang menyebabkan sakit thypus.

orang yang menderita tipes akan mempunyai ciri fisik sebagai berikut. perut kembung, otot perut tegang, limfa bengkak, denyut nadi melemah. Karena hal ini maka akan tampak gejala sebagai berikut :

gejala sakit tepes


1. panas yang perlahan naik (pada demam berdarah biasanya panas naik dengan cepat). biasanya panas akan meninggi diwaktu sore dan malam hari.
2. Penderita merasa lemas, sakit kepala, sakit tenggorokan
3. perut kembung, muntah dan kadang sulit buang air besar
4. bila dibiarkan maka penderita akan menurun kesadarannya.

untuk mengetahui dengan akurat diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui
1. adanya bakteri penyebab tifus yaitu salmonella typhosa
2. penurunan sel darah putih
3. peningkatan titer widal
4. penurunan trombosit

Pengobatan tipes
Karena serangan terutama berada di daerah perut , maka pasien harus istirahat total (bedrest) dengan cara berbaring telentang, hindari banyak bergerak. Kemudian makanlah obat antibiotik sampai habis (walaupun demam sudah turun tetapi obat ini harus tetap dihabiskan karena bakteri belum mati total dan bisa terjadi resisten obat bila pengobatan antibiotik tidak tuntas).

Antibiotik yang digunakan umumnya dari golongan , thiampenikol, chlorampenikol, ciproflovaxin dan lain-lain. umumnya diberikan untuk pengobatan selama seminggu. selama sakit pasien harus makan makanan lembut seperti bubur.

Mencegah sakit tipes

Karena penularan melalui saluran pencernaan tetnu saja harus menjaga kebersihan tangan dan makanan. hindari jajanan yang tidak bersih juga hindari telur yang dimasak tidak matang.

untuk anak-anak bisa diberikan vaksinasi tifoid yang bisa bertahan untuk waktu sekitar 3 tahun. Tingkatkan gizi dan olahraga agar daya tahan tubuh meningkat sehingga tidak mudah diserang bakteri tifus.

Untuk pengobatan secara alami bisa digunakan kunyit dan sambiloto, secara tradisional biasanya orang tua dahulu suka memberikan cacing. Tetapi sebaiknya untuk tipes ini diberikan antibiotik karena sudah sangat terbukti efektif dalam mengobati tifus.

Semoga tulisan gejala sakit tipes ini bermanfaat untuk kesehatan keluarga kita semua.


Terima kasih untuk Like/Share FB :