.

Gejala Batuk Rejan

Penyakit ini biasanya dimulai dengan batuk pilek biasa dan batuknya lebih sering terjadi dimalam hari, Semikian gejala batuk rejan pada mulanya, kemudian setelah berlangsung kira-kira 2 minggu baisanya batuk anak bertambah hebat, pilek tetap ada dan anak tidak suka makan serta suaranya kadang-kadang serak.

Pada minggu ke dua batuk anak menjadi-jadi, ia batuk terus menerus dan dalam satu tarikan nafas batuknya sampai 8 - 10 kali. Waktu menarik nafas biasanya berbunyi batuk kering seperti anjing menggonggong. Sering batuk yang berangkai itu menyebabkan anak kurang dapat bernafas sehingga terdengarlah suara nafas anak yang keras. Selain itu muka anak pun bisa agak merah-biru.

gelaja batuk rejan


Serangan batuk yang demikian hebat dapat menyebabkan anak muntah-muntah dan terkencing-kencing, serta dari hidung keluar darah dan terlihat pendarahan pada bagian putih mata. Pendarahan pada mata itu tidak berbahaya (bila tidak berlebihan), sebab nantinya dapat hilang sendiri.

Serangan batuk dapat timbul dengan tiba-tiba setelah berlari-lari atau kalau terjadi pertukaran hawa dengan tiba-tiba. Pada akhir minggu keempat batuk anak mulai mereda, batuk menjadi jarang dan si anak tidak lagi sering muntah dan nafsu makan pulih kembali. Namun demikian penyakitnya masih berlangsung kira-kira 2 minggu lagi sebelum batuk tersebut lenyap sama sekali.Tetapi sementara itu bila anak terserang pilek, maka batuknya dapat menghebat lagi seperti semula.

Setelah melihat gejalanya penyakit batuk rejan, dapat dimabil kesimpulan bahwa batuk rejan berlangsung paling sedikit kira-kira 6 minggu, sedangkan pada anak-anak dengan keadaan gizinya jelek dapat berlangsung 2 sampai 3 bulan.

Penyakit batuk rejan dapat menular, Oleh karena itu jauhkanlah anak yang belum dapat suntikan anti batuk rejan (DPT) dari si penderita batuk rejan. Bayi yang berumur beberapa minggu bila terserang batuk rejan ini sangat berbahaya, karena kekurangna nafas dapat menyebabkan keadaan anak membiru, dan nafasnya dapat berhenti sama-sekali.

Bila anak muntah serta batuk pemberian makan dapat dilakukan lebih sering. Sebaiknya segera sehabis muntah diberi makan sedikit untuk mengganti yang telah keluar itu. Batuk rejan pada anak yang telah agak besar tidak begtu berbahaya. Sekali terkena batuk rejan , anak itu akan kebal seumur hidup artinya tidak dapat dijangkiti penyakit itu lagi. Semoga informasi gejala batuk rejan ini bermanfaat.


Terima kasih untuk Like/Share FB :