.

Melatih Bayi Buang Air Besar

Pada umur 10 sampai 12 bulan, anak telah dapat duduk berdiri oleh karena itu ibu dapat mencoba melatih bayi buang air besar sendiri. Ada ibu-ibu yang telah mulai mencobanya waktu bayi berumur enam bulan.

Perhatikanlah seminggu lamanya pada saat anak ibu sering buang air besar, Setiap anak mempunyai kebiasaan tersendiri. Jika ternyata ia mengotori popok pada pagi hari maka dudukanlah ia di atas pispot, mula-mula beberapa menit dan tunggulah dengan sabar, jangan tergesa-gesa. Bila telah kira-kira lima belas menit belum keluar apa-apa, angkatlah ia dan cobalah lagi keesokan harinya.

melatih bayi buang air besar

Biasanya sebelum bayi buang ari besar, ia terdiam beberapa saat, mungkin mukanya menjadi agak memerah sedikit. Bila ibu melihat tanda itu angkatlah anak ibu dan taruhlah dia diatas pispot. Kalau sekali telah berhasil biasanya unutk selanjutnya akan berhasil dengan mudah. Memang pada mulanya agak sukar untuk melatih anak bayi untuk buang air besar diatas pispot itu, karena ia belum tahu duduk diatas pispot itu, tetapi berkat kesabaran ibu melatihnya setiap pagi, akhirnya akan berhasil juga.

Sering anak kalau tidak berpakaian , secara otomatis tangannya akan memegang alat kemaluannya, hal ini sebenarnya tidak apa-apa tetapi kebanyakan ibu tidak senang melihat hal itu. Karena itu untuk mencegahnya berilah ia mainan ketika sedang dilatih buang air besar, misalnya boneka , mobil-mobilan atau mainan lain yang ia sukai.

Kadangkala anak merasa bangga dengan apa yang dihasilkannya, lalu ia meremas-remas kotorannya. Hal itu dilakukan karena anak belum tahu bahwa tinnja itu kotoran. Untuk menghindarinya ibu harus menemani anak selama duduk diatas pispot dan segera mengangkatnya bila ada tanda-tanda anak mau meremas-remas kotoran/tinja.

Setelah anak dapat duduk atau jongkok di atas WC pindahkanlah kebiasaan buang air besar anak dari pispot ke WC. Kami berharap informasi melatih bayi buang air besar sendiri ini bisa bermanfaat bagi para orang tua


Terima kasih untuk Like/Share FB :