.

Mengenal Operasi Jantung untuk Umum

Ketika penyakit jantung menyerang salah satu anggota keluarga maka seluruh kerabat bersedih karena resiko bagi penderita dan juga biaya yang tidak sedikit harus ditanggung. Hal ini semakin berat karena pengetahuan tentag operasi jantung sangat minim. Semoga artikel ini bisa membantu keluarga penderita untuk memahami berbagai jenis operasi jantung.

operasi jantung


1. Operasi bypass jantung

Operasi ini adalah yang paling banyak dilakukan yaitu untuk penyakit jantung yang paling umum Jantung koroner. Seperti diketahui bahwa penyakit ini terjadi karena adanya sumbatan di pembuluh arteri koroner jantung.

Arteri ini harus diganti oleh pembuluh darah yang biasanya diambil dari kaki atau dada pasien. Setelah diganti pembuluh arterinya maka pasien akan merasa seperti muda lagi dengan nafas yang lancar dan kebugaran tubuh yang lebih baik karena tercukupinya asupan nutrisi yang maksimal oelh lancarnya pembuluh darah. Dalam dunia kedokteran operasi ini dikenal dengan nama coronary artery bypass Graft atau disingkat CABG.

2. Operasi pembengkakan Jantung

Biasanya pembengkakan terjadi pada jantung sebelah kiri pada bagian otot atau dinding arteri nya. Bila dibiarkan kondisi jnatung akan semakin berbahaya dan mengancam terjadinya pendarahan yang bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.

3. Operasi Katup jantung.

Katup adalah salah satu bagian jantung yang vital, dengan katup maka jantung bisa mengalirkan darah satu arah. Katup yang tergangnggu biasanya terjadinya kebocoran atau katu yang tertutup. Operasi katup biasanya dimaksudakan untuk memperbaiki katup jantung atau bahkan menggantinya.

4. Operasi laser

Operasi jenis ini biasanya dilakukan bila penangan dengan teknik lain sudah gagal dilaukan. dalam dunia kedokteran operasi ini dinamakan transmycordial laser revascularization atau disingkat dengan TLR. Setelah operasi laser maka darah akan mengalir kemabli lancar dan penderita akan terbebas dari rasa sakit yang selama in idideritanya

5. Operasi pencangkokan jantung

Operasi Jenis ini adalah yang paling sulit dilakukan, karenanya menjadi pilihan terakhir. Operasi ini dilakukan untuk penderita yang gagal jantung atau lemah jantung kronis dimana jantung sudah tidak dapat berfungsi dengan cukup kuat untuk memompa darah.

Kenapa dinamakan pencangkokan karena memang jantung yang telah rusak akan diganti dengan jantung yang baru. Kesulitan terjadi karena harus ada donor jantungnnya dan tentu saja harus ada kesesuaian yang cukup supaya jantung baru tidak ditolak oleh tubuh penderita. Pencangkokan jantung ini sering dinamakan dengan transplantasi jantung

karena begitu sulit dana mahalnya operasi jantung sebaiknya kita menjaga organ tubuh pemberian Tuhan ini dengan baik, yaitu dengan konsumsi makanan sehat dan pola hidup sehat.


Terima kasih untuk Like/Share FB :