.

Sariawan Pada Bayi

Bayi dan Anak adakalanya mendapat sariawan pada lidah atau bibir. Apa penyebab sariawan pada bayi? Langit- langit sekitar gigi depan terkadang lecet dan menjadi sariawan karena gesekan dengan putting susu ibu atau karena jari-jari anak yang masuk ke mulut ketika hendak melepaskan isapannya dari buah dada. Sariawan ini biasanya sembuh sendiri dalam seminggu bila penyebabnya disingkirkan.

sariawan pada bayi

Ada suatu macam virus yang dapat menyerang gusi dan lidah pada bayi dan anak-anak sehingga menimbulkan gelembung seperti cacar air, lalu gelembung tersebut pecah dan akhirnya menjadi sariawan. Biasanya, timbul sariawan disebabkan virus yang diikuti dengan panas tinggi, mulut anak bernau busuk, nafsu makan hilang, serta kelenjar di leher membesar. Bila tidak ada komplikasi, sariawan akan sembuh sendiri dalan waktu dua atau tiga minggu.

Gusi yang tergigit atau tertusuk oleh mainan anak dapat pula luka dan menjadi sariawan. Ini juga biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.

Sariawan yang disebabkan karena tidak tahan terhadap sesuatu zat, dapat pula terjadi pada bayi dan anak-anak. Bila penyebabnya dihilangkan, sariawan akan sembuh pula. Mudah-mudahan informasi penyebab sariawan pada bayi ini dapat menambah pengetahuan bunda.


Terima kasih untuk Like/Share FB :