Nyeri Dada Biasa dan Sakit Jantung Perbedaan

Apa perbedaan nyeri dada biasa dan karena gejala penyakit jantung ? Kalau sudah sakit di daerah ini memang akan membuat semua orang khawatir , mengingat tingginya resiko kematian dengan penyebab sakit jantung.

nyeri dada


Tetapi tidak semua nyeri dada karena sakit jantung berikut beberapa penyebab sakit dada

1. Masalah pencernaan
Pada beberapa orang sakit dada diakibatkan oleh sakit maag. sebagian besar orang merasakan perut perih tetapi pada sebaian orang menyebabkan sesak dan nyeri dada. Deteksi bila anda telat makan apakah terasa sesak dan kemudian sakit dada? bila diobati sakit maagnya apakakah sakit dadanya sembuh?

2. Masalah empedu dan pankreas.
Bila ada gangguan seperti adang di daerah empedu dan pankreas juga bisa memicu nyeri di bagian dada.

3.  Masalah di bagian paru-paru
Beberapa penyebab sakit di paru-paru adalah kebocoran udara atau pneumotoraks, kemudian radang selaput atau penyakit pneumonia juga karena pembekuan darah di paru-paru atau terjebaknya gelembung udara di paru-paru yang dapat menyebabkan penyakit pulmonary embolism. Penyakit-penyakit di paru-paru ini akan membuat dara terasa nyeri dan terasa sesak seperti gejala penyakit jantung

4. Masalah pada bagian dinding dada
Beberapa penyebabnya antara lain

  • pergeseran pada tulang leher atau tulang belakang
  • trauma pada tulang rusuk atau tulang dada biasanya karena cedera atau akibat kecelakaan
  • ada saraf terjepit atau radang dibagian bahu dan leher
  • adanya radang pada bagian sendir atau kartilago tulang rusuk
  • penyakit herpes zoster

semua masalah pada bagian ini akan menyebabkan juga nyeri dada mirip gejala serangan jantung

5. Masalah kejiawaan
Bila ada ketegangan karena stress atau depresi berat yang terus-menerus akan menyebabkan tubuh bereaksi dan akibatnya dada terasa sakit. Lama-kelamaan perasaan tertekan sedikit saja akan membuat dada terasa sakit juga, karena itu hindarilah stress, ubah sudut pandang anda dalam menghadapi masalah. kemudian selesaikan masalah dengan cara yang baik dan temukan rasa hidup yang baru bebas dari stress.

6. Memang masalah pada jantung
Tentu saja bila nyeri bagian dada memang disebabkan karena ada masalah jantung itu sendiri, masalah pada jantung ini bisa kita golongkan sebagai berikut :

  • radang pada otot jantung atau miokarditis
  • rang pada membran atau perikarditis
  • mitral valve prolapse ini adalah masalah pada katup jantung
  • terjadinya masalah di area lapisan aorta yang umumnya diakibatkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi. bisa juga disebabkan karena efek trauma akibat cedea yang menyebabkan kerusakan paa area aorta , umum disebut sebagai aorta dissection
  • Dan yang paling umum adalah karena penyakit jantung istemik yaitu penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh arteri koroner. akibatnya aliran darah tidak lancar dan memaksa otot jantung bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan aliran darah dan oksigen

Nyeri Dada


Apa yang harus dilakukan ?
Bila anda merasa sakit dada ini diakibatkan oleh penyakit jantung yang paling mudah adalah cek EKG ke laboratorium seperti prodia, bio test, paramitha, atau ke rumah sakit bagian laboratorium  , umumnya sekali cek EKG biayanya antara Rp 50 rb - 100 rb. Sorenya anda akan mendapat hasilnya bisa anda konsultasikan ke dokter apakah ada masalah di jantung?

Bila ada masalah di jantung dan memerlukan pengecekan  lanjutan umunya adalah rontgen jantung untuk melihat apakah jantung bengkak, kemudian ada juga test USG jantung atau EEG (sekitar Rp 500 rb) , kemudian ada juga test tradmill (sekitar Rp 300rb) dan yang paling mahal adalah MRI (lebih dari Rp 1 juta)  , dengan MRI akan benar-benar diketahui apa masalah jantung anda.

Bahkan cek MRI ini juga bisa mendeteksi sakit dada yang diakibatkan oleh bukan masalah jantung. semoga tulisan ini dapat membantu anda yang sedang resah karena rasa nyeri dada.