.

Penyebab dan Gejala Sakit Jantung

Bila ada keluhan nyeri dada kiri kita pasti curiga bahwa ini adalah gejala sakit jantung, benarkah? apa penyebab penyakit jantung dan bagaimana mengatasinya secara medis maupun obat alami tradisional atau bahan herbal

Gejala Sakit Jantung

terlebih dahulu mari kita lihat jantung, organ tubuh ini adalah salah satu organ terpenting pada manusia , dia memompa darah ke seluruh tubuh yang dengannya mengalir sari makanan, zat-zat penting untuk tubuh dan juga oksigen. Pada Orang dewasa dalam keadaan normal jantung berdetak sekitar 70-80 kali dalam 1 menitnya, sedangkan pada anak-anak akan lebih tinggi sekira 100 detak permenitnya.

Nah bila sistem kerja jantung dan peredaran darahnya terganggu maka orang tersebut akan mengalami sakit (sakit jantung) dengan derajat yang berbeda-beda tergantung penyebabya.

Gejala sakit jantung awalnya adalah sebagai berikut

1. Terdapat rasa tidak nyaman di bagian dada (secara medis disebut angina pektoris). Pasien akan merasa sedikit nyeri tetapi tidak rutin. Karena tidak semua nyeri di dada berasal dari sakit jantung maka untuk memastikannya Pasien bisa melakukan pemeriksaan ritme jantung dengan stetoskop atau lebih jelas lagi dengan EKG (elektro kardiografi) di lab swasta dengan harga cukup murah sekitar Rp 50.000 dan akan mendapat hasil grafik dengan catatan dibawahnya.

2. Gejala lanjutannya adalah rasa nyeri yang menyebar ke bagian atas tubuh seperti punggung, leher, lengan, bagu, siku , rahang bahkan daun telinga. Tentu saja ini juga belum tentu sakit jantung makanya harus dilakukan pemeriksaan awal dengan stetoskop atau EKG.

3. Sesak napas. Seperti kita ketahui jantung juga memompa darah ke dan melalui paru-paru untuk keperluan pertukaran oksigen. karenanya bila sistem ini terganggu maka pasien akan merasa sesak napas sebagai akibat rendahnya supply oksigen.

4. Mudah lelah, Bila jantung tidak lagi memompa darah cukup efektif maka darah tidak mengalir dengan sempurna, akibatnya tubuh akan merasa mudah lelah.

5. "Gejala sakit jantung" lainnya yang cukup populer adalah jantung berdebar-debar (palpitasi) . Umumnya debaran jantung cukup kuat karena jantung berusaha untuk memompa darah lebih keras agar bisa mencukupi suply darah bagi tubuh, dan bisa terjadi ritmenya tidak beraturan (Aritmia)

6. Pusing, mual dan pingsan, ketika sakit jantung bertambah hebat, maka pasien akan seperti orang masuk angin dia merasa pusing, mual dan bila dibiarkan pasien bisa pingsan, semua ini adalah akibat terganggungya sistem peredaran darah dan denyut pompa jantung.

Gejala penyakit Jantung

Penyebab Sakit Jantung


Ada banyak penyebabnya, berikut adalah sekilas informasi dan lebih jelasnya bisa anda baca di artikel lain di web site ini.

1. penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri. Dengan penyempitan ini kecepatan aliran darah akan terganggu bahkan bila terjadi sumbatan bisa hampir berhenti. penyempitan ini bisa terjadi karena tumpukan lemak (plak) atau karena ada gumpalan-gumapalan darah. penyempitan bisa juga terjadi karena stress , kejang, merokok, diabetes dll.

2. Penyakit mikrovaskular yaitu kecilnya pembuluh darah.

3. Karena masalah pada katup jantung. seperti kita ketahui jantung mempuyai beberapa katup atau klep yang akan membuka dan menutup, gangguan pada katup bisa disebabkan karena infeksi, usia dan penyakit lainnya.

4. Aritmia , yaitu tidak teraturnya irama detak jantung diakibatkan oleh terjadinya sumbatan atau kurangnya kalsium, bisa juga disebabkan diabetes, merokok, alkohol, stress atau masalah kelenjar thyroid.

5. Perikarditis, Yaitu terjadinya radang pada kantung jantung, hal ini umumnya disebabkan oleh infeksi atau efek samping kemoterapi kanker

Dan masih banyak penyebab sakit jantung lainnya , tetapi umumnya karena pola hidup tidak sehat seperti makanan berlemak, kurang asupan gizi, kurang olah raga, stress, merokok , alkohol serta karena faktor genetik atau keturunan.

Video tentang sakit jantung

Setelah info gejala sakit jantung ini simak info lengkap lainnya tentang penyakit jantung di artikel lain di situs  ini


Terima kasih untuk Like/Share FB :